Modal Pertama Kali Menghadapi Interview Kerja

Hi kawan-kawan para pencari kerja, sudahkan kamu menemukan pekerjaan yang cocok atau yang kamu impikan selama ini? Atau masih sedang mencari pekerjaan yang tepat? Jangan menyerah ya. Sedikit pedoman mengenai modal pertama kali menghadapi interview kerja.

Kita tahu bahwa salah satu fase yang tidak lepas dari dunia kerja adalah interview. Interview ini semacam pendalaman akan pribadi seseorang yang nantinya terdiri dari sifat, pendidikan dan juga keahlian seorang pelamar ketika melamar sebuah pekerjaan.

Lantas, apa sih yang harus kamu persiapkan ketika menghadapi interview (wawancara) kerja pertama kalinya? Yuk, kita lihat beberapa hal yang mungkin dapat membantu kamu dalam mempersiapkan wawancara kerja di perusahaan yang akan kamu lamar.

Beberapa hal yang perlu kamu persiapkan saat interview kerja adalah;

1# Percaya diri

Kenapa harus percaya diri? Ketika kamu gugup atau tidak pede menghadapi interview kerja, persiapan yang lain yang sudah kamu pelajari bisa jadi berantakan atau hilang seketika saat kamu tidak percaya diri menghadapi interview kerja.

So, kamu harus tanamkan dalam hati bahwa kamu pasti bisa menjawab semua pertanyaan yang di lontarkan oleh si interviewer (pewawancara) dengan baik dan tegas yang juga tidak bertele-tele.

2# Pelajari pertanyaan umum mengenai interview kerja

Ada banyak website atau artikel yang sudah membahas kisi-kisi pertanyaan umum yang sering di tanya saat interview kerja. Salah satunya bisa kamu baca pada artikel 7 pertanyaan umum saat interview kerja.

Garis besarnya, pada artikel tersebut, ada 7 pertanyaan umum yang sering diperhadapkan saat interview kerja seperti;

  1. Memperkenalkan diri (sepintas)
  2. Pengetahuan si pelamar mengenai profil perusahaan yang ia lamar
  3. Kelemahan dan kekuatan si pelamar
  4. Alasan melamar posisi tersebut
  5. Alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya
  6. Besaran gaji yang di harapkan oleh si pelamar
  7. Pandangan mengenai bos pada pekerjaan (perusahaan) sebelumnya

7 pertanyaan tersebut dapat kamu persiapkan dan telusuri di rumah sebelum menghadapi wawancara kerja di esok harinya atau di hari kemudian saat jadwal wawancara kerja.

3# Istirahat dengan cukup

Sehari menjelang wawancara kerja, pastikan kamu istirahat dengan cukup agar terlihat segar dan tidak ngantuk saat bertatap muka dengan si pewawancara.

4# Perhatikan cara berpakaian

Hal ini sudah umum dan otomatis kita perhatikan saat menghadapi wawancara kerja. Pada website diatas tadi, juga sudah di singgung mengenai cara berpakaian interview pria dan wanita saat menghadapi wawancara kerja. Juga ada banyak referensi yang dapat kamu baca di Internet mengenai tata cara berpakaian saat wawancara kerja.

5# Senyuman tulus saat memasuki ruangan wawancara

Poin ini bisa masuk ke poin awal saat kamu memasuki ruangan interview, pastikan kamu menunjukkan raut wajah yang riang, senang (happy) dan tulus terhadap lawan bicara kamu. Bila ada kesempatan berjabat tangan, pastikan kepalan tangan kamu erat (kuat) dan tidak lesu. Hal ini menunjukkan bahwa ada aura positif yang keluar dari dalam diri kamu yang dapat berpengaruh baik terhadap lawan bicara dalam hal ini si pewawancara.

Ke-5 poin diatas adalah hal dasar dan modal pertama kali menghadapi interview kerja diperusahaan yang sedang kamu lamar.

Sukses selalu bagi kawan-kawan yang sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi interview kerja.

Foto: military.com

Spread the love
  • 3
    Shares